Mencoba Solo Traveling ke Yogjakarta

Menghabiskan liburan dengan kegiatan Solo traveling, tak selalu membosankan. Dengan melakukan perjalanan sendiri, kamu bisa lebih bebas mengatur jadwal perjalananmu termasuk biaya, tempat menginap, destinasi wisata, dan moda transportasi. Selain itu, kamu juga bisa lebih bebas untuk berpindah-pindah tempat daripada ketika kamu ada dalam rombongan. Kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan serta teman-teman baru dalam perjalanan. Jika kamu ingin mencoba melakukan travelling sendirian ke Jogjakarta, ada baiknya kamu menyimak beberapa tips berikut agar liburanmu berjalan sesuai rencana.

  1. Siapkan durasi waktu liburanmu

Hal yang paling penting dalam penjalanan liburan adalah durasi perjalanan. Jika kamu pergi liburan ke Jogja, kamu mungkin butuh waktu 4 – 5 hari untuk benar – benar menikmati semua destinasi wisata yang ada di Jogjakarta. Kamu juga perlu menyesuaikan lama travellingmu dengan dana yang kamu punya. Pastikan semua kebutuhan selama perjalanan tercukupi. Setelah itu, pilihlah tanggal perjalanan yang sesuai dengan jadwalmu.

Jika kamu luang dan tidak terikat dengan waktu kerja yang ketat, kamu bisa memilih waktu di luar tanggal merah. Mengapa? Destinasi wisata tidak akan seramai saat liburan sehingga kamu benar-benar akan menikmati waktumu di sana. Akan tetapi, jika kamu harus bekerja, kamu bisa memilih tanggal yang memungkinkan seperti libur panjang atau libur nasional yang berdekatan.

  1. Gunakan moda transportasi terbaik untuk menuju Jogja

Jika kamu ingin ke Jogja dengan moda transportasi yang aman dan cepat, kamu bisa memilih untuk naik pesawat. Saat ini, Jogja didukung dua bandara internasional yaitu Adi Sutjipto International Airport dan Yogyakarta International Airport. Pastikan kamu tahu bandara mana yang kamu tuju karena jarak dua bandara ini sangat jauh.

Jika kamu lebih memilih transportasi yang murah dan juga aman, kamu bisa naik kereta api dari beberapa stasiun di kota-kota di Pulau Jawa. Stasiun utama Jogja adalah Stasiun Tugu Yogyakarta yang letaknya dekat dengan Jalan Malioboro dan Tugu Yogya. Sehingga, kamu bisa lansung pergi ke tempat wisata yang kamu tuju dengan cepat.

  1. Akomodasi kamar yang memadai dan terjangkau

Ada banyak pilihan hotel, hostel, dan kos harian yang bisa kamu pilih di Yogyakarta. Harga sewa kamar tergantung fasilitas yang ditawarkan dan lokasi tempat menginap. Semakin dekat dengan tempat wisata terutama di jantung kota Jogja, maka harganya lebih mahal. Kamu bisa memilih tempat menginap murah dan memadai dari berbagai situs traveling yang tersedi.

  1. Pilih transportasi yang murah dan nyaman

Ada beberapa pilihan transportasi yang kamu gunakan untuk berkeliling di Yogyakarta seperti transportasi umum, trans Jogja, kendaraan sewa, dan transportsi online. Menyewa motor bisa jadi pilihan jika kamu traveling sendirian. Akan tetapi, pastikan kamu benar-benar tahu rute perjalanan yang kamu pilih.

  1. Wisata dalam kota di hari pertama

Kamu bisa menghabiskan hari pertamamu untuk berwisata di dalam kota Yogyakarta. Ada beberapa tempat wisata yang tersedia di sini seperti Museum Vredeburg, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Taman Sari, Kebun Binatang Gembiraloka, dan belanja di Pasar Beringharjo. Setelah itu, kamu bisa menikmati makan malam di beberapa lesehan yang banyak dijumpai di sekitar alun-alun kidul.

Kamu juga bisa berkeliling di alun-alun kidul menggunakan sepeda yang telah dimodifikasi atau sering disebut odong – odong. Kamu juga bisa pergi ke Taman Pelangi yang ada di Jalan Ring Road Utara dimana ada banyak spot foto yang menarik.

Bookmark the permalink.

Comments are closed.